Jumat, 07 Januari 2011

PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA DISTRIBUTION OUTLET (DISTRO) “WHY NOT” DI BEKASI


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

A.     Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Pengaruh Promosi terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada Distro Why Not Bekasi serta berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah disajikan sebelumnya, maka penulis dapat menarik kesimpulan serta beberapa saran untuk bahan masukan dan pertimbangan yang mungkin dapat dipergunakan sebagai solusi dalam penyelesaian masalah.

Berikut kesimpulan yang dihasilkan oleh penulis:
1.      Pelaksanaan kegiatan promosi pada Distro Why Not merupakan suatu kegiatan dalam meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produknya kepada masyarakat dan menarik minat mereka untuk menggunakan produk tersebut dalam mempromosikan produknya, Distro Why Not menggunakan media yang sesuai dengan situasi dan kondisi untuk memberikan dan menyampaikan informasi yang jelas kepada masyarakat.
2.      Berdasarkan perhitungan analisis korelasi antara biaya promosi dengan hasil penjualan yang diperoleh selama 6 bulan periode (Januari-Juni 2010) menghasilkan r = 0.617 yang berarti ada hubungan  kuat dan positif yang menunjukkan bahwa peningkatan biaya promosi pada umumnya mempengaruhi peningkatan volume penjualan.
3.      Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi antara biaya promosi dengan hasil penjualan yang diperoleh selama 6 bulan periode (Januari-Juni 2010) menghasilkan KD = 38.06% yang berarti bahwa besarnya kontribusi antara biaya promosi dalam meningkatkan volume penjualan adalah sebesar 38.06% sedangkan sisanya 61.94% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti pengembangan produk, harga, selera konsumen dan lain-lainnya.
4.      Berdasarkan perhitungan dengan persamaan regresi antara biaya promosi dengan hasil penjualan yang diperoleh selama 6 bulan periode (Januari-Juni 2010) menghasilkan a = 12.4087 (nilai konstan), artinya apabila x = 0 maka Y = 12.2087 atau apabila perusahaan tidak mengeluarkan biaya promosi maka nilai penjualan sama dengan 12,408,700. Maka menghasilkan Y = 12.4087 + 1.9654x yang berarti apabila terjadi peningkatan biaya promosi sebesar Rp 1,000,000 maka penjualan akan mengalami peningkatan sebesar Rp 1.965,400 ini berarti besarnya promosi yang dilakukan oleh Distro Why Not sangat berpengaruh dan menentukan hasil penjualan yang akan dicapai Distro Why Not.

B.      Saran
Berdasarkan pembahasan yang diberikan pada bab-bab sebelumnya serta kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran atau bahan masukan dan pertimbangan yang diharapkan berguna bagi Distro Why Not Bekasi.

Berikut saran yang dihasilkan oleh penulis:
1.      Distro Why Not sebaiknya terus memperhatikan kegiatan yang dilakukan oleh distro pesaing. Hal ini bertujuan untuk mengetahui cara apa saja yang dilakukan distro pesaing sehingga Distro Why Not dapat mengobservasi usaha-usaha distro pesaing dengan jalan merubah teknik-teknik penjualan bila perlu.
2.      Membuat program promosi yang efektif dengan menyampaikan pesan promosi yang mudah diterima dan dipahami oleh konsumen dan juga dapat menambah persepsi tentang Distro Why Not.
3.      Mempelajari selalu akan kebutuhan konsumen, serta memberikan pelayanan yang memuaskan dan menetapkan harga yang dapat bersaing dengan distro sejenis lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;