Selasa, 28 September 2010

PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA DISTRIBUTION OUTLET (DISTRO) “WHY NOT” DI BEKASI

Tugas Mata Kuliah Metode Riset
Nama             : Dhimas Ari Mahardhika Putra
Kelas             : 3EA10
NPM               : 10208360
                                         
A.   Latar Belakang Masalah
Booming Distro pada beberapa tahun terakhir khususnya di Bandung, menyebabkan bisnis ini menjadi bisnis yang menjanjikan. Munculnya permintaan pakaian yang lebih banyak dari kalangan anak muda dan ide-ide kreatif baru bermunculan dari para designer mengakibatkan pangsa pasar di bisnis Distro terbuka lebar dan potensial. Bisnis Distro yang semula dipandang hanya sebatas penyedia barang pokok berupa sandang, sekarang dipandang sebagai bisnis yang semakin inovatif, dinamis, dan kompetitif.
Sejak saat itu banyak orang yang berwirausaha pada bidang ini. Usaha Distro tentu sama seperti jenis usaha lain yang membutuhkan sarana promosi, diantaranya berupa iklan di media cetak, media internet, kegiatan galeri, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak sarana promosi, banyak pelaku usaha yang memilih media cetak, internet, dan galeri sebagai sarana promosi untuk produk Distro. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penyelenggaraan galeri dan perlombaan desain Distro di Internet di berbagai kota di Indonesia.
Fenomena munculnya berbagai usaha Distro besar di Indonesia khususnya di Bandung dalam bentuk toko moderen berlaku juga di Bekasi. Hal ini mendorong para wirausaha muda Distro Bekasi untuk tetap melakukan promosi dan penelitian terhadap daya beli para pelanggan akan pakaian Distro. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA DISTRIBUTION OUTLET (DISTRO) “WHY NOT” DI BEKASI.

B.   Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas maka penulis mengidentifikasi permasalahan sebagai berikut :
1.    Apakah terdapat pengaruh dan hubungan antara promosi dengan peningkatan penjualan?
2.    Apakah peningkatan promosi dapat meningkatkan penjualan?
3.    Sejauh manakah pelaksanaan promosi yang dilakukan oleh Distro “Why Not” untuk meningkatkan penjualan?
4.    Apakah terdapat pengaruh yang terjadi pada peningkatan penjualan atas produk Distro “Why Not” setelah dilakukan proses promosi?

C.   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah, maka penulis mencoba untuk merumuskan masalah sebagai berikut :
1.    Seberapa besar pengaruh pengaruh promosi terhadap penjualan Distro “Why Not”? 
2. Seberapa baik peran promosi di Distro “Why Not”?

D.   Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan rumusan masalah, penulis membatasi masalah agar tercipta fokus pemahaman penelitian. Dalam penelitian ini dibatasi pada :
1.    Penelitian pengaruh promosi dalam penelitian ini hanya dilakukan pada Distro “Why Not” Bekasi.
2.    Promosi dalam penelitian ini merupakan promosi yang dilakukan untuk mempengaruhi penjualan produk Distro WHY NOT diluar bauran pemasaran, yaitu place, price, dan product.

E.   Tujuan Penelitian
Berdasarkan batasan masalah yang telah dikemukkan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap peningkatan volume penjualan pada Distro WHY NOT. 
2.   Mengetahui peran promosi pada Distro WHY NOT.

F.    Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah:
1.    Berdasarkan aspek teoritis (keilmuan)
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan penerapan antara teori dan praktek yang berhubungan dengan promosi dan penjualan.
2.    Berdasarkan aspek praktis (kegunaan)
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan para wirausahawan muda Bekasi khususnya bidang Distro agar dapat memaksimumkan nilai penjualan dan laba perusahaan atas promosi yang dilakukan.

G.   Kerangka Pemikiran
Berdasarkan uraian teori di atas maka dapat digambarkan secara bagan konstelasi hubungan antar variabel-variabel sebagai berikut:


0 komentar:

Posting Komentar

 
;