Kamis, 07 April 2011

PROPOSAL


PROPOSAL

PENDAHULUAN
Memperluas wawasan dapat dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan ilmiah. Misalnya seminar atau karya wisata. Sebelum melaksanakan suatu kegiatan, sbeaiknya membuat proposal terlebih dahulu. Proposal adalah usulan untuk melakukan suatu kegiatan. Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan. Ada beberapa hal yang biasanya di detailkan dalam proposal bisnis:
1.      Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
2.      Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
3.      Penjabaran mendetail mengenai hasil dari proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.


PEMBAHASAN
Proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan izin atau persetujuan atas kegiatan yang akan dilaksanakan. Sebuah proposal harus menyajikan hal-hal berikut:
1.      Latar Belakang
2.      Masalah
3.      Tujuan
4.      Sasaran
5.      Pelaksanaan
6.      Jadwal Pelaksanaan
7.      Anggaran Pelaksanaan
8.      Penutup

Jenis-Jenis Proposal
Proposal Penelitian dibagi mendadi empat, yaitu:

1.      Proposal Penelitian Pengembangan
Kegiatan yang menghasilkan rancangan atau produk yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah-masalah aktual. Dalam hal ini, kegiatan pengembangan ditekankan pada pemanfaatan teori-teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip, atau temuan-temuan penelitian untuk memecahkan masalah.
Skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil kerja pengembangan menuntut format dan sistematika yang berbeda dengan skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, karena karakteristik kegiatan pengembangan dan kegiatan penelitian tersebut berbeda.
Kegiatan penelitian pada dasarnya berupaya mencari jawaban terhadap suatu permasalahan, sedangkan kegiatan pengembangan berupaya menerapkan temuan atau teori untuk memecahkan suatu permasalahan.

2.      Proposal Penelitian Kajian Pustaka
Telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Telaah pustaka semacam ini biasanya dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber pustaka yang kemudian disajikan dengan cara baru dan atau untuk keperluan baru.
Dalam hal ini bahan-bahan pustaka itu diperlukan sebagai sumber ide untuk menggali pemikiran atau gagasan baru, sebagai bahan dasar untuk melakukan deduksi dari pengetahuan yang sudah ada, sehingga kerangka teori baru dapat dikembangkan, atau sebagai dasar pemecahan masalah.

3.      Proposal Penelitian Kualitatif
Penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.
Ciri-ciri penelitian kualitatif mewarnai sifat dan bentuk laporannya. Oleh karena itu, laporan penelitian kualitatif disusun dalam bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendalam serta menunjukkan ciri-ciri naturalistik yang penuh keotentikan.

4.      Proposal Penelitian Kuantitatif
Suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahan-pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan. 

Ciri-Ciri Proposal:
a.       Proposal dibuat untuk meringkas kegiatan yang akan dilakukan.
b.      Sebagai pemberitahuan pertama suatu kegiatan.
c.       Berisikan tujuan-tujuan, latar belakang acara.
d.      Pastinya proposal itu berupa lembaran-lembaran pemberitahuan yang telah di jilid yang nantinya diserahkan kepada si empunya acara.
e.       Dan lain-lain yang sulit untuk dijelaskan (dicari).



SIMPULAN

Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca.

Jenis-Jenis Proposal
Proposal Penelitian dibagi menjadi empat, yaitu:
1.      Proposal Penelitian Pengembangan
2.      Proposal Penelitian Kajian Pustaka
3.      Proposal Penelitian Kualitatif
4.      Proposal Penelitian Kuantitatif

Proposal dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan izin atau persetujuan atas kegiatan yang akan dilaksanakan. Sebuah proposal harus menyajikan hal-hal berikut:
1.      Latar Belakang
2.      Masalah
3.      Tujuan
4.      Sasaran
5.      Pelaksanaan
6.      Jadwal Pelaksanaan
7.      Anggaran Pelaksanaan
8.      Penutup




CONTOH PROPOSAL:


PROPOSAL BISNIS PULSA VOUCHER ELEKTRIK IM3


PENDAHULUAN
Di zaman yang modern ini, semua orang menginginkan segala sesuatu yang cepat dan mudah. Dalam dunia komunikasipun demikian. Sudah sangat jarang sekali orang-orang melakukan komunikasi melalui surat. Hal ini disebabkan karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk saling berkomunikasi. Cara yang paling praktis untuk berkomunikasi dan yang banyak digunakan adalah dengan melalui telepon. Dengan berkembangnya zaman, orang-orang pun kini telah banyak memiliki telepon genggam.
Membicarakan mengenai telepon genggam tidak lepas dari operator apa yang digunakan oleh konsumen. Para operator telepon baik prabayar dan pasca bayar berlomba-lomba dalam menarik perhatian dari konsumen dengan melakukan promosi agar menggunakan jasa operator mereka. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya telepon genggam ini. Oleh karena itu dengan adanya proposal ini saya ingin membuat bisnis pulsa voucher elektrik IM3 yang merupakan salah satu provider yang banyak diminati di masyarakat.

MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan dari adanya proposal ini adalah untuk membangun sebuah bisnis produk voucher IM3 untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan sesuatu yang lebih cepat dan mudah dalam melakukan pengisian pulsa.
Banyak konsumen yang tidak ingin repot dalam mengisi pulsa. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan waktu yang dimiliki oleh konsumen. Dengan adanya bisnis pulsa voucher elektrik IM3 ini maka konsumen dapat menghemat waktu mereka untuk dapat mengisi pulsa telepon genggam mereka.

STRATEGI BISNIS
  Untuk sistem penjualan hasil dari keuntungan diberikan kepada penjual sebesar 40% dan kepada pemilik sebesar 60%. Modal yang diberikan untuk pulsa ditambahkan dengan Rp 2.000,00 maka akan menghasilkan harga jual yang diberikan kepada konsumen. Mengenai lokasi penjualan pulsa dapat ditempatkan di kios-kios kecil yang tidak memerlukan biaya terlalu besar untuk menyewa tempat. Namun dalam hal ini apabila tidak menggunakan tempat juga tidak masalah. Artinya penjual tidak perlu repot dalam memikirkan biaya untuk menyewa tempat. Cukup dengan mempromosikan bisnis penjualan pulsa elektrik yang sedang dijalankan kepada kerabat atau teman.

TARGET PASAR
Adapun target pasar dari bisnis pulsa elektrik IM3 ini adalah semua pengguna kartu IM3, terutama kalangan muda yang banyak sekali menggunakan provider IM3 sebagai opertor untuk telepon genggam mereka.


DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar

 
;